Saturday, February 7, 2009

Memutarbalikkan (Fakta) Jam Biologis


Kadang gue iri sama orang yang kerja kantoran dengan jadwal kantoran pada umumnya pula. Let me say about 9am-5pm. Karena mereka masih bisa cari celah mendapatkan sinar matahari pagi atau menikmati sinar senja. Indah bukan? well, at least everything runs normally everyday. Dan gak ada yang bikin gue lebih iri kecuali jadwal libur orang-orang kantoran normal itu yang bisa libur di hari Sabtu-Minggu. Ugh...menyesakkan jiwa sekali, kala melihat mereka leye-leye berjamaah di sabtu siang atau bersama keluarga menonton film kartun di minggu pagi. Alangkah dengkinya hati ini.

Sementara gue? ada hari dimana gue baru masuk kantor jam 3 sore dan baru bisa pulang jam 12 malam. Kadang masuk jam 1 siang trus baru pulang jam 10 malam. Yah, meski gue juga punya jam normal di hari Selasa dan Rabu karena jam kerja di dua hari itu adalah 9-6 sore. Namun di sisa harinya? ok, let me list down:

Senin : 15.00 - 24.00

Selasa : normal

Rabu : normal

Kamis : LIBUR!

Jumat : LIBUR!

Sabtu : 15.00 - 24.00

Minggu : 11.00-20.00


See? bagaimana hati ini tak dengki? bahkan di malam minggu pun, saat semua orang asik berkencan, gue malah bertugas menghibur banyak telinga di luar sana. Ah...
Belum lagi sejak jam biologis gue terbalik sempurna begini, hubungan gue dengan beberapa orang terdekat pun ikut berpengaruh. Misalnya sama my lovely babe, jadwal telpon-telponan baru bisa dilakukan setelah gue sampai rumah, which is di lewat jam 12 malam kalau kebetulan gue lagi dapet jadwal kerja malam. Dan untuk urusan kencan, sekarang jarang sekali bisa dilakukan di malam minggu, kecuali kalau dia yang dateng ke kantor gue pas siaran dan nemenin gue sampai kelar siaran. Atau kalau bisa, diem-diem kita kencan colongan keluar kantor di beberapa jam sebelum waktu gue siaran, hehehe...itupun gak bisa jauh2 dari kantor. Palingan cuma makan bubur ayam cikini atau nonton di TIM sama ke Gramedia. Udah, itu aja...

Tak ubahnya dengan keluarga. Bonyok gue berangkat kerja di pagi hari, sementara biasanya pagi2 gue masih tidur dan baru bangun di siang bolong. Dan begitu gue pulang kantor jam setengah 1 pagi, tentunya bonyok gue udah terlelap manis. Bahkan sabtu minggu pun tak lagi bisa dihabiskan bersama sesering dulu. Huhuhu...mirisnya hatiku...

Beginilah sekarang nasib gue dengan jadwal kerja yang anomali. Hffh...untungnya, sebulan sekali ada rotasi jadwal. Emang pas Februari aja jadwal gue gak ok. Tapi di Maret, hehehe......gue dapet jatah libur di hari Jumat-Sabtu! Dan jarang masuk malam! Asoooy!!

Anyway, yang namanya pekerjaan tetap pekerjaan. Tak ada yang perlu dirutuki. Semuanya adalah bagian dari proses pendewasaan sekaligus pembelajaran menuju profesionalitas.
Kadang gue bersyukur juga bisa dapet libur dimana orang-orang justru pada masuk kerja. Jalan-jalan ke tempat wisata manapun relatif lebih sepi. Nonton ke bioskop pun bisa lebih murah Rp. 5.000,- hehe...

Dan gue jarang bgt ngerasain macet di jalan raya. Selain karena emang rumah gue deket kantor (cuma 13 KM), jam kerja yang serba terbalik itu sangat berlawanan dengan jam-jam macet ibukota. So, praktis durasi tempuh rumah-kantor bisa semakin singkat! Hehehehe...........
Enjoy!!!

No comments:

Post a Comment