Friday, February 13, 2009

Taste of Music Degradation


Gue baru saja menambahkan satu aplikasi html/javascript buat muter MP3 gratisan dari sebuah situs. Tujuannya ada 2. Tujuan pertama adalah supaya setiap orang yang berkunjung ke blog ini lebih terhibur dengan alunan lagu. Dan tujuan keduanya adalah supaya gue lebih berani mencicipi lagu-lagu baru dengan genre yang berbeda dari biasanya gue perdengar dan perdendangkan (Emo, Gruge, altenatives)

Ketidakmauan untuk mengetahui dan mencicipi lagu-lagu baru (well.. let me say lagu "teranyar" masa kini dengan pemusik baru serta "mainstream" yang semakin mendekati kejenuhan pasar) bisa jadi sebuah boomerang bagi seorang penyiar. Kenapa? ya iyalah...tugas penyiar kan gak cuma dagangin iklan, adlibs, dan informasi tapi juga jualan lagu. Bosen juga kalee kalau pendengar cuma disuguhkan info-info berat tapi lagunya minimalis?

Yah, akhirnya berangkat dari kesadaran untuk juga harus menghibur pendengar melalui musik, jadilah gue sekarang harus rela update lagu-lagu baru lewat radio lain dan TV. Gue juga harus rela menahan diri untuk gak melulu muterin lagu-lagu favorable gue, mengingat target pendengar gue adalah usia 30-40 tahun. Salah-salah muter lagu, mereka bisa kaku dan berlalu!Berhubung radio gue baru berdiri setahun, jadinya music directornya juga belum ada. Alhasil, penyiar dapet satu tugas lagi buat milih-milih lagu selain membawakan berita (dan iklan tentunya--sumber penghidupan kami, wakakak).

So, sejak saat ini gue bertekad memahami isi hati, kepala dan selera musik pendengar meski harus mengorbankan selera sendiri. Soalnya sori-sori aja nih... tiap kali gue on air, ada aja yang request lagunya D'Masiv, Kangen Band, Radja, dan sederet band "mainstream minor melayu" lainnya yang sangat out of my preferer! Kadang suka mau muntah kalau udah ada yang requet lagu-lagu begituan. Tapi demi memuaskan telinga jutaan pasang telinga, apa daya? sesekali harus gue puter juga. Dengan sangat terpaksa. Dan kadang ingin muntah. Dengan sebuah kesadaran juga kalau perlahan selera musik gue agak turun beberapa level. ^_^

No comments:

Post a Comment